Bissmillahirrohmanirrohim...
Di era globalisasi seperti ini,
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan membawa dampak
yang cepat pula dalam segala hal kehidupan perkembangan tersebut telah
melahirkan persaingan-persaingan.
Dan kenyataannya yang menjadi pemenang
dalam persaingan-persaingan tersebut adalah mereka yang terdidik, matang dengan
pengalaman. Siap dan jeli dalam mengenali serta menangkap setiap perubahan.
Sebaiknya, bagi mereka yang tidak memiliki dasar yang dapat dijadikan pijakan
untuk menjalani hidup dan kehidupan yang lebih layak, hal ini merupakan
tantangan yang sangat berat bagi mereka.
Untuk mengatasi tantangan yang berat
tersebut, pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi penyiapan dan
peningkatan kualitas sumber daya manusia yang siap bersaing dalam berbagai
situasi, dan ini sudah dimulai sejak masa kanak-kanak.
Dijalur sekolah formal sudah dikenal
pendidikan kepada kanak-kanak dilakukan melalui Taman Kanak-Kanak (TK) Dan pada
jalur pendidikan luar sekolah (PNF) juga menangani hal yang demikian, yaitu
melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diantaranya adalah “PAUD AL-JIHADIYAH”
Usia lahir sampai memasuki pendidikan
dasar merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan
manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya, masa ini merupakan
masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik,
bahasa. Soail-emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama.
Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai agar
perumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Hal ini sesuai dengan hak anak.
Sebagaimana yang diatur dalam undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang
perlindungan anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh,
berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dan harkat dan martabat kemanusiaan,
serta mendapat perlindungan dan kekerasan dan deskriminasi. Salah satu
implementasi dan hak anak ini adalah bahwa setiap anak ini adalah bahwa setiap
anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan
pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.
Layanan
pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan
pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan dan mengembangkan manusia
Indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa dan berbudi dan luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan
jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bisa bertanggung
jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Anak pada usia kanak-kanak, anak akan
berbicara sesuai dengan yang dilihatnya, itulah sebabnya sehingga dalam proses
belajar mengajar pada Kelompok Bermain banyak digunakan alat peraga. Penyediaan
alat peraga dan alat bermain ini akan sangat membantu perkembangan kecerdasan
anak. Alat peraga dan alat bermain akan dapat merangsang dan dapat membantu
meningkatkan kecerdasan anak.
PROFIL SEKOLAH
I. IDENTITAS MADRASAH
1. Nama Sekolah : PAUD AL-JIHADIYAH
2. Nama Kepala Sekolah : Wawat
Hartati, S.Pd.I
3. N.S.S : -
4. Alamat :
·
Jalan : Perum Griya Bagasasi No. C.10
·
Desa : Sukarukun
·
Kecamatan : Sukatani
·
Kabupaten
: Bekasi
·
Propinsi
: Jawa Barat
5. Tahun Berdiri : Tahun
2010
6. Status Sekolah : -
7. Organisasi Penyelenggaraan : Yayasan
Perguruan Islam Al-Jihadiyah
·
Nama
Ketua Yayasan : Drs. H. Endang Alwan Daroji, MA
7. Status Tanah : Hak Milik
·
Surat
Kepemilikan Tanah : Sertifikat
·
Luas
Tanah : 220 M2
8. Status Bangunan : Milik
Sendiri
·
Surat
Izin Bangunan : -
·
Luas
Bangunan : 120 M2
II. DATA SISWA DAN PERSONIL
·
Data
Siswa
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
Ket.
|
|
Laki-Laki
|
Perempuan
|
||
0
|
8
|
13
|
|
Jumlah
|
21
|
·
Data Personil
Ijazah Tertinggi
|
Jumlah Personil
|
|||
Guru Negeri
|
Guru Honor
|
Tata Usaha
|
Pesuruh
|
|
S3/S2
|
-
|
1
|
-
|
-
|
S1
|
-
|
3
|
-
|
-
|
D3/D2/D1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
SLTA
|
-
|
-
|
-
|
1
|
SLTP/SD
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
-
|
4
|
1
|
1
|
III.
SARANA PRASARANA MADRASAH
A. Sarana Madrasah
Ruangan
|
Jumlah
|
Kelas
Laboratorium
Perpustakaan
Masjid
/ Mushola
Lapangan
Olahraga
Ruang
Guru
Ruang
Kepala Sekolah
Ruang
Tata Usaha
Ruang
OSIS
Ruang
BP
Toilet
|
4
-
1
-
1
1
1
1
-
-
2
|
B.
Prasarana Madrasah
Buku/Kelas
|
Eksemplar
|
Penunjang
|
Bacaan
|
Lai-lain
|
0
|
25
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
25
|
-
|
-
|
-
|
C.
Alat Penunjang
No.
|
Jenis
Alat
|
Unit
|
Jumlah
|
1
|
Alat Bermain
|
Set
|
1
|
2
|
Gambar-Gambar
|
Set
|
4
|
3
|
Alat Musik
|
Set
|
50
|
4
|
Peta Dinding
|
Lebar
|
4
|
5
|
Komputer
|
Unit
|
1
|
6
|
Alat Olahraga
|
Set
|
4
|
7
|
Bahan
|
-
|
-
|
IV. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.
Kegiatan Intra Kurikuler : a.
Menggunakan Kurikulum Nasional
b. KBM 1 Shift.
Pagi : 07.00 – 10.00 WIB
2.
Kegiatan Ekstra Kurikuler : a. Senam
b. Musik Pianika
c.
Menari
V. PEMBINAAN
1.
Internal : a.
Rapat Awal Tahun / Akhir Tahun
b. Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah
c. Supervisi Kelas oleh Kepala Sekolah
2.
Eksternal : a.
Pembinaan Rutin setiap bulan oleh Yayasan
b.
Supervisi oleh Penilik PLS
VI. HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT
1.
Aktivitas Yayasan : Pengajian Rutin
a. Kaum Bapak
b. Kaum Ibu
2.
Komite Sekolah : a.
Rapat Awal Tahun
b. Rapat Akhir Tahun
3.
POMB : a.
Rapat mengikuti lomba
b. Home Visit atau Kunjungan Rumah
c. Panggilan orang tua
VII. LAIN - LAIN
1.
Skala Prioritas Kebutuhan Sekolah
a. Guru :
-
b. Ruang Kelas : 3 Lokal Ruang Kelas
1 Lokal Ruang WC Guru
c. Tanah :
Pemanfaatan tanah kapling untuk sarana olahraga
2.
Tata Tertib Sekolah : a.
Tata Tertib Guru
b.
Tata Tertib Siswa
3.
Masalah : a.
Sarana Penunjang Administrasi
b. Sarana
Ibadah (Mushola)
Sukatani, 15 Juli 2011
Kepala PAUD/RA Al-Jihadiyah,
Ttd
Dra. Hj. TUTUN USWATUN HASANAH, MA